Wisata Budaya Kampung Adat Kuta Kabupaten Ciamis

Gerbang menuju Hutan Keramat di Kampung Adat Kuta Kabupaten Ciamis
Kampung Adat Kuta, merupakan kampung adat yang berada di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Desa Karangpaninggal Kecamatan Tambak Sari. Sekitar 57 Kilometer dari Kota Tasikmalaya melalui Alun-alun Ciamis kemudian masuk ke Jalur Rancah sampai di pertigaan Cibarengkok belok ke kanan ke arah Cisontrol - Tambak sari.

Untuk memasuki Kampung adat ini dikenakan Tarif Rp.5000 Per orang dan kalau ingin Masuk ke area Hutan Keramat dikenakan Rp.5000 per orang. Di Kampung adat Kuta kalian bisa bermalam dengan tarif Rp.15.000 per orang, memang bukan seperti penginapan seperti di kota-kota, disini bermalam di rumah sederhana dan seadanya, cukup nyaman dan tenang.

Kalau kalian ingin mengetahui lebih dalam mengenai Kampung adat Kuta ini kalian bisa membayar Rp.100.000 untuk jasa semacam tour Guide lah, tapi tour guidnya itu sesepuh kampung.

Sepintas mengenai Kampung adat Kuta di Kabupaten Ciamis ini dulunya adalah tempat dimana kerajaan Galuh akan berdiri. Semua bahan bangunan di datangkan ke Kampung Kuta ini. Namun rencana pembangunan Kerajaan Galuh ini dibatalkan, sehingga semua proyek di hentikan.

Nah untuk mengetahui bagaimana sih pembangunan dan sisa-sisa Kerajaan Galuh ini ?? Tentunya kalian harus masuk ke Area Hutan Keramat.
Bumi Pasanggrahan tempat Istirahat, Bermalam , Perpustakaan dan Informasi Kampung Adat Kuta Kabupaten Ciamis
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau kalian ingin memasuki kawasan Hutan Keramat di Kampung adat Kuta Kabupaten Ciamis ini. Pertama kalian tidak boleh membawa tas apapun. Jadi harus di simpan di tempat yang sudah disediakan. Kemudian kalian harus nyeker atau tidak boleh mengenakan alas kaki apapun. Dilarang meludah dan mengambil apapun dari dalam hutan.

Selain itu bagi yang ingin memasuki kawasan Hutan. Harus datang pada hari Senin atau Jum'at, tidak boleh di hari lain. Karena memang sudah dari dulu diamanatkan seperti itu.

Karena Saya datang saat Hari minggu jadi saya hanya mendapat beberapa informasi saja dan tidak memasuki Hutan Keramat.

Nah di Kampung adat Kuta Kabupaten Ciamis ini terdapat oleh-oleh berupa Kaus dan juga kerajinan Tas bernama Kamuti, yang terbuat dari daun dahon.
Tas Kamuti, Kerajinan khas Kampung Adat Kuta Kabupaten Ciamis

Penghargaan Kalpataru di Kampung Adat Kuta Kabupaten Ciamis

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.