Ekspedisi Curug Gedus di Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

Curug Gedus berada di Desa Sepatnunggal Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, sekitar 1 Jam 30 Menit Dari Pusat Kota Tasikmalaya melewati Singaparna, Puspahiyang sampai ke Sodonghilir. Akses menuju Curug Ini lumayan parah karena jalanan berbatu dan banyak tanjakan, akan bahaya kalau hujan turun soalnya jalanan menjadi licin. Sebelum ke Curug Gedus saya sempatkan ke Jembatan Curug Gedus yang sudah rapuh dan tua dan sepertinya sudah tidak dipakai.

Jembatan Curug gedus ini  jenisnya Jembatan Gantung. Kayu-kayunya sudah lapuk dan hilang, besi-besi pegangannya sudah tua tapi jembatan ini masih kuat dan mampu menampung beberapa orang saja. Jembatan ini juga mudah goyang. Akan sangat bahaya kalau ramai-ramai menaiki jembatan ini.
Sangat disayangkan juga Jembatannya tidak terawat dengan baik
Jembatan Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

Jembatan Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya dilihat dari Bawah

Jembatan Curug Gedus di Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya
Dibawah Jembatan terdapat aliran sungai yang jernih dan tidak dipenuhi sampah. Lumayan masih asri walau kotor oleh sampah seperti ranting pohon dan dedaunan. Untuk sampai ke Curug gedus kita harus menyusuri aliran sungai kemudian turun ke bawah curug.

Aliran air menuju Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya
Dan Inilah Curug Gedus yang Airnya lumayan deras dan juga airnya bersih, tidak keruh. Enak untuk dipakai bermain air dan berenang.
 Bagian Kiri Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

Bagian Kanan Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

 Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya
Uniknya di Aliran Sungai Curug Gedus ini terdapat banyak sekali bebatuan. Dan ada juga batu yang berwarna merah seperti batu Jasper di Cikatomas. Ada juga batuan besar yang terdiri dari berbagai batu.
Batuan Merah Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya





Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

5 komentar:

  1. Mantap Kang review-nya.
    Tinggal ditambah foto-foto trek yang dilaluinya agar apara traveller yang mau kesana bisa prepare. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang awalnya saya enggak niat ke sini diajak teman mendadak terus kebetulan rumahnya deket sama curugnya jadi tidak foto trek nya .

      Delete
  2. Saya mau coba besok, tapi belum tau daerahnya sebelah mana ya beloknya?
    Taunya pasar sodong aja.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete